Senin, 16 Maret 2015

Makam Saddam Dihancurkan oleh Milisi Syiah







Tentara Irak dan milisi Syiah menghancurkan makam Saddam Hussein di Tikrit.



Dalam cuplikan video yang diperoleh Associated Press (AP) terlihat makam mewah di Desa al-Awija itu luluh lantak, dengan hanya satu tiang penyangga atap yang masih berdiri.



Kapten Yasser Nu'ma, salah satu komandan milisi syiah, mengatakan; "(Makam) Inilah alasan mengapa ISIS merebut Tikrit."



AP melaporkan Tidak ada perlawanan dari warga sekitar saat penghancuran terjadi. Tahun lalu, penduduk Sunni mengatakan telah memindahkan jenazah Saddam Hussein dari makam itu ke lokasi tak diketahui.



Poster Saddam Hussein ukuran besar, yang pernah menutupi sebagian bangunan makam, kini diganti gambar pemimpin milisi Syiah dan Jenderal Qassem Soelimani, komandan senior Iran dan arsitek serangan Tikrit.









Saddam Hussein lahir di Tikrit. Ia berkuasa cukup lama di Irak, sampai AS menghancurkan pemerintahannya. Ia ditangkap pasukan AS tahun 2003.



Muslim Sunni Tikrit masih menghormatinya. Makamnya berbentuk oktagon, dengan seluruh ruang berlapis marmer. Ada tempat tidur dan bunga segar tepat di atas jenazah Saddam Hussein dimakamkan.



Media Irak melaporkan loyalis Saddam Hussein mengangkat jenazah sang pemimpin dan membawanya ke suatu tempat. Saat itu penduduk yakin makam Saddam Hussein akan menjadi sasaran pengeboman tentara Irak yang didukung Teheran.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar