Senin, 23 Maret 2015

Pertama Kalinya, AS Tak Bela Israel di Forum PBB





Sebuah insiden langka terjadi ketika Dewan Ham PBB hendak melakukan diskusi mengenai pelanggaran yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Untuk pertama kalinya, Amerika Serikat (AS) tidak ikut dalam diskusi tersebut.



Biasanya, AS adalah pihak yang paling getol membela Israel di seluruh forum PBB, sehingga hal ini menimbulkan pertanyaan akan hubungan AS dan Israel.



Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama sempat menyatakan akan mengevaluasi kebijakan luar negeri mereka terhadap Israel, termasuk tidak akan terlalu vokal lagi membela Israel di forum Internasional.



Langkah Obama ini diambil sebagai reaksi atas pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengatakan tidak akan lagi melanjutkan negosiasi damai dengan Palestina.



Pernyataan itu terlontar ketika Netanyahu melakukan kampanye terakhir sebelum pemilu pada pekan lalu.



Seperti dikutik Reuters pada Senin (23/3/2015), kepastian absennya AS dalam forum tersebut disampaikan langsung oleh juru bicara delegasi AS di Jenewa. "Delegasi AS tidak akan berbicara tentang Palestina hari ini," ucapnya tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.



Absennya AS dalam forum tersebut bisa menjadi sinyal kuat kepada Israel, jika Negara Zionis tersebut benar-benar akan menghentikan negoisasi dengan Palestina maka AS pun akan menghentikan dukungan terhadap Israel di seluruh forum internasional.



REUTERS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar